Mengenal Kelenjar Tiroid dan Penyakit Tiroid - WikiMedis

Kelenjar Tiroid

Kelenjar Tiroid adalah kelenjar penghasil hormon yang terletak di bagian depan leher. Dalam kondisi normal, keberadaan kelenjar ini tidak akan tampak serta tidak dapat diraba atau dirasa.

Bentuk kelenjar tiroid menyerupai kupu-kupu, dengan dua lobus yaitu satu di sebelah kiri dan satu lagi di sebelah kanan. Kedua lobus kelenjar tiroid tersambung melalui jaringan penghubung yang disebut isthmus di depan pipa tenggorokan.

Kelenjar Tiroid memiliki 2 jenis sel utama:

  • Sel Follicular Tiroid (Follicular cells)
    Sel-sel ini menyerap iodium dari darah untuk digunakan memproduksi hormon-hormon tiroid yang membantu mengatur metabolisme tubuh. Jumlah hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid diatur oleh kelenjar pituitari yang berada di dasar otak, dengan cara memproduksi hormon yang disebut Thyroid-Stimulating Hormone (TSH) alias hormon perangsang tiroid.
  • Sell Parafollicular (Thyrid C-Cells)
    Sel-sel Parafollicular merupakan sel neuroendokrin yang memproduksi calcitonin, sebuah hormon yang mengatur bagaimana tubuh akan menggunakan Kalsium.



Penyakit-Penyakit Tiroid

Berikut ini penyakit-penyakit Tiroid yang umum terjadi:

  • Penyakit Hipertiroid atau hyperthyroidism.
    Hipertiroid terjadi jika hormon tiroid diproduksi berlebihan, yang dapat menyebabkan denyut jantung terlalu cepat dan tidak beraturan sehingga berasa berdebar-debar, mengakibatkan gangguan tidur, gelisah, sering lapar, berat badan menurun, berkeringat dan merasa terlalu hangat hingga mood yang cepat berubah.
  • Penyakit Hipotiroid atau hypothyroidism.
    Hipotiroid terjadi jika kadar hormon tiroid yang diproduksi terlalu sedikit atau bahkan tidak ada, dengan gejala umum seperti cepat lelah, berat badan naik, merasa terlalu dingin (sensitif dengan hawa dingin), dan lemas.
  • Gondok
    Kelenjar Tiroid yang membesar dikenal dengan istilah penyakit Gondok. Ada beberapa penyebab pembesaran kelenjar gondok, salah satunya adalah kekurangan iodium.
  • Benjolan Tiroid atau Nodul Tiroid (thyroid nodules)
    Benjolan Tiroid dapat berupa benjolan padat atau bisa juga berisi cairan. Sebagian besar benjolan pada tiroid bukanlah kanker, namun sekitar 2-3 dari 20 kasus mengarah pada kanker tiroid.
  • Kanker Tiroid
    Kanker tiroid bermula dari sel-sel pada kelenjar tiroid.

Demikianlah penjelasan sederhana tentang Kelenjar Tiroid dan Penyakit Tiroid yang umum terjadi, semoga membantu dan mudah dimengerti.