Program Bayi Tabung yang Bagus Dimana?

Berikut ini Tips Memilih RS/Dokter Untuk Program Bayi Tabung, serta hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan.

  • Pengalaman Dokter
    Dokter memegang peranan penting dalam keberhasilan program bayi tabung. Perlu dicatat bahwa tidak semua dokter kandungan dapat menjalankan prosedur ini, hanya dokter yang sudah menjalani pelatihan khusus untuk program kehamilan yang bisa.

    Dalam keberhasilan program bayi tabung, pengalaman dokter berpengaruh pada tingkat keberhasilan. Semakin banyak pasien yang pernah ditangani dokter, semakin banyak akumulasi pengalaman dokter dalam menangani berbagai kasus sehingga akan berkontribusi pada tingkat keberhasilan.

    Program bayi tabung juga bukan proses yang sebentar. Pasangan akan bertemu dokter berulang kali selama sekitar 1-3 bulan. Jadi pastikan kamu cocok dan nyaman dengan dokter. Usahakan juga untuk mendapatkan testimoni dari pasien-pasien yang pernah ditangani oleh dokter tersebut.

  • Pengalaman Embriolog
    Tahapan program bayi tabung tidak semuanya dilakukan oleh dokter. Memang yang akan dijumpai selama proses adalah dokter dan perawat, tetapi ada peran di balik layar yang sering luput dari pengamatan, yaitu staff laboratorium yang disebut Embriolog.

    Embriolog ini adalah orang yang bertugas menangani sperma, sel telur dan juga embrio di laboratorium. Jadi bukan dokter tapi embriolog. Sayangnya, kebanyakan klinik tidak mempublikasikan profil dan pengalaman dari embriolognya sehingga sulit untuk dibandingkan. Tetapi sebenarnya kita sebagai pasien bisa saja menanyakan hal ini saat mau program bayi tabung.

  • Fasilitas & Teknologi Lab di RS/Klinik
    Program Bayi Tabung adalah prosedur medis yang dibantu oleh teknologi. Perkembangan teknogi pendukung program bayi tabung telah mengalami perkembangan pesat selama sekitar 40 tahun terakhir, dan semuanya perkembangan ini berkontribusi meningkatkan tingkat keberhasilan program bayi tabung. Jika sekitat 10 tahun lalu keberhasilan program bayi tabung masih di bawah 40-50%, saat ini beberapa klinik dengan teknologi terbaru sudah ada yang mencapai 70% bahkan 80%.
  • Biaya yang pantas
    Program bayi tabung membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Faktor terbesar dalam biaya ini bukanlah jasa dokter tetapi pada obat-obatan dan bahan dan alat untuk proses di laboratorium. Seperti yang dijelaskan pada point sebelumnya di atas, keberhasilan program bayi tabung bergantung pada teknologi, oleh karena itu biayanya juga perlu sebanding.

    Bisa saja ada klinik/dokter mungkin saja menawarkan harga yang sangat murah tapi mungkin menggunakan fasilitas seadanya, atau baru untuk mencari pengalaman. Jadi tipsnya adalah cari program bayi tabung yang biayanya pantas, sebanding dengan teknologi dan layanan yang diperoleh.